Jumat, 28 Agustus 2009

ORGANISASI DALAM PERSPEKTIF SEPAK BOLA

* Abdul Rasit

Melihat sebuah permainan sepak bola yang tak ubahnya seperti menjalankan roda organisasi yang di dalamnya terdapat sebuah kerjasama yang baik jika ingin menciptakan sebuah gol yang indah kegawang lawan. Begitupun dalam menjalankan roda organisasi yang juga memerlukan sebuah kerjasama anter individu agar apa yang dicitas –citakan oleh organisasi tersebut berjalan sesuai real yang diharapkan bersama.
Diakui atau tidak bahwa dalam permainan sepak bola perlu adanya job dicriptoin yang jelas dimasing – masing lini. Mulai dari kiper, dafender, winger, playmaker striker, penyerang/eksekutor dan yang berperan juga adalah seorang tactician (pelatih). Maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tatanan job discritionnya juga sama dalam sebuah susunan kepengurusan organisasi yang juga memiliki tugas diberbagai lini yang sesuai dengan kondisi didaerah tersebut.
Jika dimulai dari kiper yaitu diibaratkan adalah sekretaris organisasi yang berperan untuk mengorganisir semua hal, mulai dari data kader sampai semua kebutuhan surat menyurat. Back kalau disepak bola adalah seorang penjaga pertahanan dan hal ini diibaratkan dalam organisasi adalah sebagai bendahara yang bertugas untuk mencatat kekurangan dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar